Rencana bahasa Cina yang diterbitkan dalam suratkabar世界日報 (World journal) pada Tgl. 14 dan 21 Mei 2006

  ──────────────────────────────

Iblis telah memasuki gereja

 

Tentang musik rock dan musik Kristiani jaman sekarang

 

Pada tahun 1980 Gereja-gereja Kristiani Cina telah mulai meninggalkan musik suci adat untuk menerima musik Kristiani jaman sekarang dan musik rock, dengan alasan dikesali untuk menarik orang-orang muda datang gereja dan percaya kepada Yesus. Rupanya gereja-gereja ingin akan menyenangkan orang-orang muda lebih daripada Tuhan.

 

Gereja mesti tetap tempat yang suci untuk memuji Tuhan yang suci. Selain itu, guru-guru Injil dan pemimpin-pemimpin perlu meneruskan musik yang suci itu kepada penganut-penganut dan orang-orang muda. Akan tetapi mereka menjadikan musik jaman sekarang dan musik rock yang paling jahat dan paling buruk meresap ke dalam rumah Tuan, bahkan percaya bahwa bunyi yang menyebabkan ketulian dapat menyebabkan hati cenderung untuk memuja Tuhan. Oleh sebab itu, Tuhan tritunggal meninggalkan gereja, sedangkan Iblis memasuki rumah Tuhan, sedang menari dan melompat-lompat, bersenang-senang di dalamnya.

 

Komposisi musik suci yang baik mesti digubah di bawah ilham Roh Kudus, berisi melodi yang merdu, harmoni yang jelita dan nada pengiring yang indah. Lagu begitu tidak boleh menyerupai syair lagu musik Kristiani jaman sekarang yang menyakitkan dan yang berulang tanpa henti.

 

Dalam kitab Kisah para rasul 16:16-18 kita membaca:

 

16 Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar.

17 Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya: “Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan.”

18 Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: "Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Seketika itu juga keluarlah roh itu.

 

Hamba perempuan yang mempunyai roh tenung itu berkata: “Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan.”  Apa yang orang hamba itu seru adalah benar, tetapi kalimat itu diulang-ulang tanpa henti, seperti syair musik rock yang buruk. Mengenai musik rock berasal dari si jahat, kalaupun dengan syair yang benar, musik rock tidak dapat digunakan dalam gereja.

 

Kenyataan-kenyataan yang berikut menunjukkan bagaimana Iblis telah memasuki gereja:

 

1: Apakah musik suci membosankan?

 

Bilangan 11:4-6

4Orang-orang bajingan yang ada di antara mereka kemasukan nafsu rakus; dan orang Israel pun menangislah pula serta berkata: "Siapakah yang akan memberi kita makan daging?

5 Kita teringat kepada ikan yang kita makan di Mesir dengan tidak bayar apa-apa, kepada mentimun dan semangka, bawang prei, bawang merah dan bawang putih.

6 Tetapi sekarang kita kurus kering, tidak ada sesuatu apapun, kecuali manna ini saja yang kita lihat."

 

Dahulu, Orang Israel merindukan barang-barang negeri Mesir yang tidak berharga. Mereka lebih menyukai perhambaan di Mesir daripada keselamatan dari Tuhan. Sekarang musik rock dalam gereja adalah masalah yang serupa, umat gereja merasa kebaktian tradisional membosankan, mereka merindukan barang-barang dunia yang tidak berharga, bahkan menggunakan dalih-dalih apapun untuk memelihara barang-barang yang tidak berharga itu di dalam gereja. Kita dapat melihat bahwa Iblis dengan mudah telah merampas tempat sembahyang.

 

2: Ciptaan baru di dalam Kristus

 

Surat Pertama Petrus 4:3-4

 

3 Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang.

4Sebab itu mereka heran, bahwa kamu tidak turut mencemplungkan diri bersama-sama mereka di dalam kubangan ketidaksenonohan yang sama, dan mereka memfitnah kamu.

 

Sesudah anda menjadi orang Kristiani yang lahir dari Roh, teman-teman kamu yang belum diselamatkan merasa aneh anda tidak lagi menyertai mereka dalam kecabulan. Jika anda kecanduan pada musik rock “Kristiani”, anda dan teman-teman anda punya sesuatu yang sama dengan: dosa.

 

3: Musik rok tidak mungkin menjadi musik kudus yang suci

 

Ayub 14:4

 

Siapa dapat mendatangkan yang tahir dari yang najis? Seorangpun tidak!

 

Musik Rock berasal daripada bumiputera negeri Afrika yang menggunakan iramanya untuk memanggil hantu-hantu. Musik itu dicirikan dari pola irama-alun yang diulang, yang menyebabkan orang-orang beralun-alun tanpa kesadaran.

 

4: Apakah Tuhan menyukai musik yang memekakkan telinga?

 

Mazmur 33:1-3

 

1 Bersorak-sorailah, hai orang-orang benar, dalam TUHAN! Sebab memuji-muji itu layak bagi orang-orang jujur.

2 Bersyukurlah kepada TUHAN dengan kecapi, bermazmurlah bagi-Nya dengan gambus sepuluh tali!

3 Nyanyikanlah bagi-Nya nyanyian baru; petiklah kecapi baik-baik dengan sorak-sorai!

 

 “Dengan sorak-sorai” maksudnya tidak sama dengan bunyi bising dari suatu motor pesawat terbang 747 atau tingkat suara 120 dB dari gitar listrik.

 

5: Merusakkan rumah Roh Kudus

 

1 Korintus 6:19-20

 

19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

 

Tubuh kita adalah rumah Roh Kudus. Mengenai musik rock menyebabkan ketulian, hal ini adalah kerusakan terhadap rumah Roh Kudus.

 

6: Menggunakan cara duniawi untuk menyebarkan Injil

 

Orang Kristiani yang berbakti pada musik rok menyukai mengutip ayat 1 Korintus 9:22 untuk memelihara penggunaan cara duniawi untuk menyelamatkan dunia.

 

1 Korintus 9:22

 

Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya aku sedapat mungkin memenangkan beberapa orang dari antara mereka.

 

Ayat ini tidak menyebut kita boleh menggunakan cara duniawi dan berdosa untuk menyebarkan injil. Dalam surat Roma 3:7-8 ditulis bahwa menggunakan cara yang buruk untuk mengagungkan Tuhan tidak mungkin.

 

Roma 3:7-8

 

7 Tetapi jika kebenaran Allah oleh dustaku semakin melimpah bagi kemuliaan-Nya, mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa?

8Bukankah tidak benar fitnahan orang yang mengatakan, bahwa kita berkata: "Marilah kita berbuat yang jahat, supaya yang baik timbul dari padanya." Orang semacam itu sudah selayaknya mendapat hukuman.

 

7: Menggunakan musik rok untuk menarik orang orang muda

 

Lukas 10:10-11

 

10 Tetapi jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu tidak diterima di situ, pergilah ke jalan-jalan raya kota itu dan serukanlah:

11 Juga debu kotamu yang melekat pada kaki kami, kami kebaskan di depanmu; tetapi ketahuilah ini: Kerajaan Allah sudah dekat.

 

Kisah para rasul 13:51

 

Akan tetapi Paulus dan Barnabas mengebaskan debu kaki mereka sebagai peringatan bagi orang-orang itu, lalu pergi ke Ikonium.

 

 

Penyebaran Injil punya batas. Apabila orang tidak menyambut murid-murid Yesus, murid-murid Yesus mengebaskan debu kaki mereka di depan orang-orang itu. Murid-murid Yesus tidak mempermudah Injil untuk menyebabkan Injil menjadi lebih mudah untuk diterima. Sekarang orang Kristiani yang berbakti pada musik rok menggunakan cara duniawi untuk menarik orang-orang muda, menggunakan denyut sebagai umpan, untuk menangkap mereka di dalam jemaah hiburan. Injil mereka adalah “anda dapat pergi ke surga sambil menikmati hiburan gereja.” Mereka berkata “Percayalah kepada Yesus saja, dan anda akan diselamatkan.” Mereka tidak berbicara tentang penyesalan. Akan tetapi Iblis juga percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah, dan Iblis pintar untuk mengutip banyak ayat dari Alkitab, namun dia akan dibuang di dalam lautan api dan belerang. (Wahyu 20:10)

 

8: Apakah musik Kristiani jaman sekarang memberi perasaan senang kepada manusia?

 

Mazmur 111:10

 

Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya.

 

Kebanyakan orang-orang Kristiani sangat rindu akan perasaan senang, sehingga mereka lupa ketakutan kepada Tuhan. Mereka menyukai suatu Injil yang berlimpah “kasih” saja, tetapi tidak menerima suatu Injil yang berisi “kasih dan takut kepada Tuhan”. Tetapi keselamatan dari Tuhan bukan tanpa syarat, Tuhan mewajibkan hati kita dipenuhi perasaan kesedihan karena dosa. Musik rok “Kristiani” dan musik Kristiani jaman sekarang, sebagai musik film berdasar dari kenikmatan hawa nafsu daging. Yesus telah menjadi sebutir bintang film, seorang kekasih, dan sebuah idola buatan manusia; tidak ada lagi kesucian, tidak ada lagi keyakinan akan dosa, tidak ada lagi pertobatan sejati, tidak ada lagi apa-apa yang suci yang tetap. Sadar akan hal-hal ini, tentu Iblis telah memasuki gereja, dan telah mulai menguasainya. Di dalam buku 生命的事奉 (Ministry of life) halaman 86, penulis Philip Teng ( 滕近輝 ) menulis:

 

“Pada masa sekarang, wahyu Tuhan telah digantikan dengan suatu doktrin buatan manusia, teologi telah diresapi humanisme. Lagi, gereja Injil memusatkan pada banyak faktor manusia, misalnya, pemujaan yang memusatkan lebih kepada manusia (pemujaan hiburan) daripada memusatkan kepada Tuhan; khotbah yang memusatkan kepada manusia (Percayalah kepada Yesus untuk mendapat kegembiraan, kepuasan dan damai, tanpa menyebutkan penyesalan kepada Allah); acara persahabatan yang berdasar kepentingan manusia, dan lain lain. Sekarang dalam masyarakat Kristiani, pemimpin-pemimpin teologis berpendidikan tinggi yang muda harus insaf menyimpan iman Alkitabiah tanpa bersimpang, namun tanpa kompromi!”

 

Oleh sebab itu, menurut Alkitab, apa keperluan-keperluan Allah bagi kita?

 

Dalam surat kepada Jemaah Filipi 4:8, ada tertulis:

 

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

 

Kalau kita membuat semua hal menurut ayat di atas, tentulah akan kita diberkati Tuhan.

Halaman depanFrançais中文EnglishAll rights reserved. Reproduction in any manner in whole or in part is strictly prohibited without prior written permission of the publisher.

Tout droits réservés. Toute reproduction ou adaptation, en tout ou en partie, par quelque procédé que ce soit, est strictement interdite sans l’autorisation préalable de l’éditeur.

版權所有未經書面允許不淮以任何方式作全部或局部之翻印、仿製或轉載。
中文